Saturday, August 15, 2009

WTT/WTS: F/I/A/T/ Uno Turbo 1994 w

- Car : F/I/A/T/ Uno Turbo
- Year : 1994
- Colour : Green

Engine
- Transmision : Manual
- Number of Cylinders : 4 In Line
- Bore and Stroke : 80,5 x 67,4 mm
- Piston Displacement : 1 372 cm3
- Compression Ratio : 1 : 7,8
- Valve Arrangement : SOHC
- Maximum Power : 118 Horse Power @ 6 000 r/min
- Maximum Torque : 161 N.m @ 3 500 r/min
- TurboTimer : Pivot Full Automatic

Fuel System
- Fuel Type : Petrol
- Fuel Injection Type : Bosch Jetronic
- Fuel Pump Drive : Bosch Electrical
- Fuel Filter Type : Disposable Cartridge
- Air Filter Type : Dry Paper Element

Suspension
- Front : Independent, MacPherson-type suspension with lower track control arms fastened to a cross member with two bushings and coil springs with twintube dampers
- Rear : Torsion-bar, longitudinal strut suspension with transverse link, Coil springs and twin-tube dampers

Brakes
- System : Hydraulic
- Front Type : Ventilated Discs 240mm diameter
- Rear Type : Solid Discs 227mm diameter
- Parking Brake Type : Mechanical on rear wheels
- Brake Adjustment : Automatic

Fiat Uno Turbo merupakan salah satu "limited car" yang banyak dicari para penggila kecepatan "speed goers" di tanah air. Dengan berat total yang hanya sekitar 750kg, body hatchback tanpa buntut bagasi yang panjang, tentunya tenaga 118 horse power sudah menjadi modal yang lebih dari cukup untuk menembus kecepatan 200km/jam. Ditambah dorongan VL-2 IHI turbocharger sudah pasti menjanjikan akselerasi yang akan memaksa tubuh anda terdorong sampai menempel ke jok semi-bucket Recaro bawaan mobil ini.

Salah satu kendaraan yang termasuk ke dalam golongan mobil "limited" ini masuk ke Indonesia lewat Astra Motor pada tahun 1994 dengan jumlah hanya 1 lot kontainer, yang berisi 48 kendaraan saja! Tentunya dari jumlah yang beredar di Indonesia, serta spesifikasi mesin yang cukup "menakutkan" inilah yang menjadikan Fiat Uno Turbo menjadi limited item yang eksklusif.

Dibandingkan dengan spesifikasi Fiat Uno yang standar, penampakan yang mudah dilihat adalah penampakan fisik yang sportif dengan 2 pintu saja. Secara kasat mata, spesifikasi body-nya mungkin mirip-mirip Honda Estilo / Toyota Starlet. Hanya saja, Fiat Uno Turbo ini dilengkapi dengan mesin berkompresi rasio yg rendah (1:7,8) karena memang dipersiapkan untuk menahan hembusan "angin puting beliung" dari perangkat IHI turbocharger.

Dengan mesin kecil 1372cc SOHC 4-silinder segaris yang mampu menyemburkan tenaga di atas 100hp yang biasanya setara dengan tenaga yang dihasilkan mesin 1800cc, menjadikan Fiat Uno Turbo ini city car yang bertenaga sekaligus hemat dalam konsumsi BBM. VL2 IHI turbocharger yang merupakan bawaan mobil ini akan aktif pada RPM 3000 ke atas, sehingga pencapaian red-line pada putaran atas mesin sangat ringan dicapai. Dilengkapi dengan intercooler bawaan mobil menjadikan masalah overheat yang kerap dialami oleh mesin yg dilengkapi dengan perangkat turbocharge ini menjadi aman dikendarai sehari-hari.

Please call, no sms:
08159887666 / 021-99877666 (Jakarta)

No comments: