Saturday, February 7, 2009

Kredit komputer tanpa dp !!!

Mainboard Gigabyte GA-P31 Onboard Sound/LAN/VGA
Processor Intel E2180/E7400 (cek bawah)
RAM 1 GB DDR2 V-GeN
Harddisk 80 GB SATA Seagate
DVD RW Samsung
Casing Simbadda Sim-V
Keyboard + Mouse Scroll Optic
Monitor CRT 17" Advance
Bonus: Speaker Aktif

Spek atas+Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Rp 220.000,- x 24 bulan
Rp 212.000,- x 21 bulan
Rp 265.000,- x 18 bulan
Rp 309.000,- x 15 bulan
Rp 369.000,- x 12 bulan
Rp 475.000,- x 9 bulan
Rp 685.000,- x 6 bulan

Spek atas+Intel Core 2 Duo E7400 2.8 GHz
Rp 257.000,- x 24 bulan
Rp 247.000,- x 21 bulan
Rp 310.000,- x 18 bulan
Rp 361.000,- x 15 bulan
Rp 432.000,- x 12 bulan
Rp 556.000,- x 9 bulan
Rp 802.000,- x 6 bulan

Keterangan Kredit:
Spoiler for Keterangan Kredit:
1. Kredit menggunakan leasing Adira.
2. Kredit TANPA DP. Cukup dengan membayar cicilan pertama dan administrasi Rp 70.000 pada saat serah terima barang setelah kredit disetujui.
3. Mau pake DP pun tidak masalah, supaya cicilan lebih ringan.
4. Untuk sementara hanya mencakup wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Khusus wilayah Bogor, menunggu minimal 5 aplikasi dalam 1x pengajuan.
5. Persyaratan kredit cukup dengan KTP (KTP daerah dilengkapi Surat Keterangan Domisili dengan lama menetap minimal 1 tahun) dan Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan (SKP) terbaru bagi karyawan atau Copy Rekening Tabungan 3 bulan terakhir bagi wiraswasta.
Persyaratan tambahan: Kartu Keluarga, Rekening Listrik bulan terakhir.
6. Status rumah milik sendiri atau milik keluarga, atau kontrak TAHUNAN (bukan kost/asrama).
7. Usia minimal 21 tahun.

Keterangan Barang:
Spoiler for Keterangan Barang:
1. Spesifikasi di atas hanya untuk mempermudah deskripsi.
2. Bagi Anda yang ingin menambah atau mengurangi, misalnya ditambah VGA PCI-Express atau dikurangi menjadi tanpa monitor silakan. Nanti kita hitung ulang.
3. Atau Anda punya spesifikasi sendiri, Core 2 Duo/Quad/dll? Boleh. Asal sabar menunggu untuk kita carikan informasi harga dan ketersediaan barang.
4. Harga sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti perkembangan pasar. Jika harga pada saat transaksi berbeda dengan harga pada saat pengajuan kredit, maka:
a. Jika harga lebih tinggi, akan ditawarkan kepada konsumen untuk menambah selisih harga secara kontan (cash). Konsumen berhak untuk menerima (menambah selisih harga) atau menolak (membatalkan kredit).
b. Jika harga lebih rendah, kami berkomitmen untuk memberikan kelebihan harga (cash back). Indikasinya, Anda bisa melihat perubahan harga di sini, naik atau turun. Namun ini hanya indikasi. Untuk lebih jelasnya silakan cek langsung ke kami pada saat transaksi, karena belum tentu semua barang naik/turun secara bersamaan.

Bagaimana Prosesnya:
Spoiler for Proses:
1. Jika Anda setuju dengan spesifikasi yang kami tawarkan, langsung saja scan dan kirim melalui email persyaratan yang diperlukan ke: arief_computer@yahoo.co.id. Jangan lupa tinggalkan pesan di sini supaya tidak terlewat. Nanti akan kita reply dengan formulir aplikasi kredit untuk diisi dan dikirim kembali ke kami.
2. Jika Anda ada perubahan spesifikasi, silakan ajukan dulu. Selanjutnya mengikuti nomor 1 di atas.
3. Jika Anda ada spesifikasi sendiri, silakan ajukan dulu. Selanjutnya idem.
4. Tunggu kami proses dokumen Anda. Lama proses sangat tergantung dengan Adira.

Questions & Answers:
Spoiler for Q & A:
Barang apa saja yang bisa dikredit?
Semua produk yang berhubungan dengan komputer, accessories, spare parts dan laptop DENGAN
SYARAT nilai kredit harus Rp 1,5 juta atau lebih.

Berapa bunga per bulan?
Hitungan rincinya agak rumit. Tergantung lama dan besar nilai kredit. Saya tidak bisa menjelaskan secara detil. Tetapi range-nya antara 1,7% - 2,5%.

Maksimal nilai kredit yang bisa diambil?
Secara nilai, maksimal hanya bisa Rp 15 juta tetapi semua tergantung dari kondisi data pemohon.

Kondisi data?
Jumlah penghasilan, status rumah, jumlah tanggungan, jenis pekerjaan, jumlah beban bulanan, dan faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan (hak prerogatif pihak leasing).

Harga barang yang akan saya kredit di atas Rp 15 juta. Bisa?
Ada 2 pilihan:
1. Dengan DP, sehingga nilai barang menjadi maksimal Rp 15 juta.
2. Dengan jaminan/agunan.

Saya akan mengajukan kredit untuk 5 unit komputer. Bisa?
Bisa kalau Anda mewakili:
1. Lembaga pendidikan.
2. Badan usaha.
Dengan syarat tambahan: KTP pendiri dan legalitasnya (TDP, SIUP, NPWP, rekening koran, dan lain-lain yang akan ditentukan oleh pihak leasing).

Kalau gaji saya cuma Rp 1,5 juta pasti tidak diterima?
Belum tentu. Secara nilai (lagi), jumlah gaji (tertulis) minimum untuk bisa mengajukan kredit adalah Rp 1 juta.
Dan jangan disamakan antara gaji dengan penghasilan. Gaji (tertulis) mungkin Rp 1 juta tetapi penghasilan (tidak tertulis) bisa jadi di atas Rp 5 juta.
Juga faktor-faktor seperti status rumah apakah kontrak, milik sendiri atau rumah keluarga.
Kalau status kontrak dengan gaji Rp 1 juta mungkin agak berat untuk diterima. Tapi kalau status rumah sendiri atau rumah keluarga, ada kemungkinan diterima.
Jumlah tanggungan. Dengan gaji Rp 1 juta masih single (belum menikah) tentu beda dengan yang sudah menikah dan memiliki tanggungan.
Jenis pekerjaan. Untuk saat ini, menurut pengalaman saya selama menjadi seller, jenis pekerjaan yang lebih mudah disetujui: guru dan PNS. Rekor tercepat aplikasi disetujui ada pada seorang guru. Beliau mengajukan kredit laptop dengan nilai cicilan yang cukup besar kalau menurut hitung-hitungan nilai. Dan disetujui. Analisa saya, mungkin karena beliau seorang guru dan memiliki strata pendidikan yang bagus (S2). Dan luar biasanya, prosesnya tidak sampai 24 jam.

Gaji saya Rp 5 juta++ kenapa pengajuan kredit saya ditolak?
Ada beberapa kemungkinan:
1. Anda mungkin memiliki catatan keuangan yang kurang baik di lembaga keuangan (bank atau badan leasing lain). Data keuangan semacam ini sudah tersambung (online) ke semua lembaga keuangan baik yang memiliki hubungan langsung dengan Anda atau tidak.
2. Menurut hitung-hitungan pihak leasing (dan ini menjadi hak prerogatif pihak leasing), keuangan Anda tidak mencukupi untuk membiayai beban bulanan Anda. Gaji Anda mungkin Rp 5 juta++ tapi Anda mempunyai banyak tanggungan, misalnya: anak 5, semuanya sekolah di LN; cicilan rumah Rp 2,5 juta dan 5 tahun lagi baru lunas; belum lagi cicilan kartu kredit dan lain-lain. Anda mungkin membantah: saya mampu kok, setiap bulan saya selalu bisa memasukkan Rp 2 juta ke rekening tabungan saya.
Karena itu (IMHO = in my humble opinion), mayoritas badan leasing memberikan warning sebelumnya bahwa: "Pihak Leasing berhak untuk menolak kredit tanpa memberitahukan alasannya."
3. Sesuai kondisi data dan lapangan, Anda mungkin layak disetujui. Tetapi Anda (mungkin secara tidak sengaja) menyampaikan kepada surveyor yang datang ke rumah Anda, bahwa: "Saya sebenarnya bisa saja beli cash, tapi kalau bisa kredit, kenapa tidak...?"
Ini banyak terjadi.
4. Dan hal-hal lain yang belum bisa saya sebutkan satu-persatu.

Berapa lama sih prosesnya? Kenapa saya lama sekali belum ada kabar?
Untuk kebijakan pihak leasing sebelumnya (pada saat saya membuka thread ini), paling lama 1 minggu sudah ada keputusan terima/tolak-nya. Bahkan, seperti yang sudah saya tulis di atas, ada yang prosesnya tidak sampai 24 jam. Ini memang rekor. Tapi rata-rata 2-5 hari sudah selesai.
Kondisi sekarang, dengan kebijakan syarat dan prosedur yang baru, sangat susah ditebak. Kontak person saya di Adira Depok bahkan menyatakan angkat tangan, karena sama sekali tidak bisa ikut campur tangan masalah proses kredit. Perjalanan dokumennya sampai di mana pun, beliau tidak tahu.
Untuk yang ini saya harus mengakui, saya belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan...

Toko Anda di mana? Saya mau lihat barang-barang...
Jujur saja, saya seorang sales. Masih ikut dengan toko lain dan belum memiliki toko sendiri. Tetapi saya bukan sales yang mengambil untung lebih dari toko asal. Saya mendapatkan fee dari toko berdasarkan penjualan saya, bukan keuntungan yang saya tentukan sendiri. Pihak toko pun memang tidak mengijinkan sales mengambil untung lebih untuk menjaga komitmen harga murah.
Untuk laptop, harga saya sama dengan harga toko asal. Untuk komputer dan spare parts, bahkan harga saya lebih murah karena tidak memasukkan biaya rakit. Dan Anda (karena Anda mungkin beranggapan bahwa di toko asal akan lebih murah) tidak mungkin nego di sana karena memang harga unnegotiable. Mereka sudah memberikan harga yang termurah (sesuai distributor asal, tentu saja). Saya jamin.
Oke...?
Dengan Anda datang ke toko, saya tidak lagi bisa melacak penjualan saya. Dan toko tidak akan tahu Anda dari sales yang mana. Saya mungkin bisa menuntut fee dari toko (dan toko membuka kemungkinan untuk itu selama saya bisa membuktikan bahwa Anda customer saya) tetapi itu akan membutuhkan energi ekstra. Dan saya berat.

The end of Q & A.
Terima kasih.

Ada pertanyaan...? Maaf masih newbie jadi pasti masih banyak kekurangan. Jangan segan-segan untuk bertanya...


email: arief_computer@yahoo.co.id atau
telpon/SMS: 021 9466 1833 - 0888 194 8866

No comments: