Wednesday, August 27, 2008

Bensin Premium + POWERMAX115 = PERTAMAX PLUS

Saat harga BBM makin nyundul langit dan mesin mobil kita tetap perlu asupan bahan bakar yg prima, saya dan klub sejak beberapa bulan yg lalu mencoba2 memakai berbagai alternatif u/ meningkatkan mutu bensin bersubsidi yg kita tenggak. Mulai dari pil koplo (dynotabs, mpg-caps, griffon), booster oktan cair (powerclean, dll) sampai akhirnya kita sampai di Bioethanol.
Bioethanol yg dimaksud di sini adalah substitusi BBM yg berasal dari proses fermentasi gula(sugar) melalui proses kimia penguapan (steaming) ethylene. Bahan baku gula diperoleh dari: corn, maize and wheat crops, waste straw, willow and popular trees, sawdust, reed canary grass, cord grasses, jerusalem artichoke, myscanthus and sorghum plants *kecuali jagung dan gandum, gw ga tau terjemahan Indonesianya nih*, selain juga kacang2an dan kelapa sawit.
Ethanol atau ethyl alcohol (C2H5OH) berupa cairan bening tak berwarna, terurai secara biologis (biodegradable), toksisitas rendah dan tidak menimbulkan polusi udara yg besar bila bocor. Ethanol yg terbakar menghasilkan karbondioksida (CO2) dan air.
Ethanol adalah bahan bakar beroktan tinggi dan dapat menggantikan timbal sebagai peningkat nilai oktan dalam bensin. Dengan mencampur ethanol dengan bensin, akan mengoksigenasi campuran bahan bakar sehingga dapat terbakar lebih sempurna dan mengurangi emisi gas buang (seperti karbonmonoksida/CO).
Oplosan paling umum adalah 10% ethanol dan 90% bensin (E10). Mesin mobil tidak perlu dimodifikasi untuk memakai E5 ~ E20 dan demiian pula halnya garansi mesin tidak akan terpengaruh karenanya. Hanya mesin-mesin khusus spt mesin F1 dan A1 yg bisa mengkonsumsi E85 (oplosan 85% ethanol dan 15% bensin).
Terios TX Deluxe Matic 2007 saya sudah dua minggu terakhir menggunakan bioethanol sebanyak 1 botol isi 1,5 liter dicampur ke dalam 40 L Premium 88, untuk mendapatkan RON 95, meski menurut hasil uji Lemigas (lihat gambar) RON yg didapat a/ 97,5.

Sementara itu, menurut buku manual perawatan dan dipajang di tutup lubang bensin, oktan minimal yg kudu diminum si Terios a/ RON90. Kenapa? Ya secara bioethanol yg saya oplos memiliki RON 284! Nilai oktan yg digunakan oleh mesin2 F1 dan A1. Alhasil kalau dipaksakan diminum murni, bisa-bisa meledug tuh mesin kaleeeeeee.
Performa mesin yg saya rasakan semakin maknyussss, enteng di tarikan dan laju saat manteng di RPM atas. FC sih relatif, tergantung driving style. Saya belum selesai mengukur FC, tapi u/ gambaran saat pulang dari touring Bandung, saya isi bensin di SPBU Cipularang Km 75 sampai ke rumah di Cipinang Elok via Kalimalang, PWI, Diskum, terus mampir di rumah mertua di Cipinang Lontar (kurleb 100 km), bar fuelmeter turun 1 strip, atau sekitar 6 liter (dari bensin di leher) atau sekitar 1:16,667! Padahal saya ga nyupir santai sepanjang tol, average speed 80kpj dengan top speed 120kpj. Coba bayangkan kalau pake transmisi manual, yg konon lebih irit 10% dari matic.
Dengan perhitungan harga bioethanol per liter sekitar Rp. 13.300 (harga per botol kemasan 1,5 L - Rp 20000) + harga premium 88 saat ini yg Rp. 6000/L, kita bisa dapatkan RON 90 dgn harga Rp. 6218/Liter saja! Untuk mendapatkan Pertamax (RON 92) cukup keluar biaya Rp. 6300/Liter, sementara u/ Pertamax Plus (RON 95) cukup bayar Rp 6321/Liter! Bandingkan dengan harga Pertamax dan Pertamax Plus saat ini yg sudah melampaui Rp. 10.000/Liter!
(Distributor's Testimony).


Utk mendapatkan POWERMAX115 (Rp.20rb/1,5Liter) dpt menghubungi Distributor di 08176779993 atau email rjamesl70@yahoo.com.sg
NB: ini ada bukti dr media kalo zat yg disebut di atas aman utk digunakan pd kendaraan!

No comments: